VISI SEJARAH ORGANISASI

PERNYATAAN KESEPAKATAN SIKAP

Lingkungan hidup di Indonesia yang dikaruniakan oleh Tuhan Yang Maha Esa, merupakan rahmat daripada-Nya dan wajib dikembangkan dan dilestarikan kemampuannya agar tetap menjadi sumber dan penunjang hidup bagi Rakyat dan Bangsa Indonesia serta makhluk lainnya, demi kelangsungan dan peningkatan kualitas hidup itu sendiri.

Pancasila sebagai dasar dan falsafah negara merupakan kesatuan yang bulat dan utuh memberikan keyakinan kepada Rakyat dan Bangsa Indonesia, bahwa kebahagiaan hidup akan tercapai jika didasarkan atas keselarasan dan keseimbangan, baik dalam hidup manusia sebagai pribadi, dalam hubungan manusia dengan manusia, dalam hubungan manusia dengan alam, dalam hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa, maupun dalam mengejar kemajuan lahiriah dan kebahagian batiniah. Antar manusia, masyarakat dan lngkungan hidup terdapat hubungan timbal balik yang selalu harus dibina dan dikembangkan agar tetap dalam keseimbangan yang serasi dan dinamis.

Sumber daya alam Indonesian digunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat, dan harus dapat dinikmati oleh generasi sekarang maupun generasi mendatang. Pembangunan tidak hanya mengejar kemakmuran lahiriah atau kepuasan batiniah saja akan tetapi juga keseimbangan antara keduanya. Oleh karena itu, penggunaan sumber daya alam harus seimbang dengan keselarasan dan keserasian lingkungan hidup. Ini berarti melaksanakan pembangunan berkelanjutan yang menghindarkan ciri-ciri sumber alam dan lingkungan.

Untuk menumbuh dan mengembangkan kesadaran tentang lingkungan hidup, harus dilaksanakan pendidikan melalui jalur pendidikan formal, mulai dari taman kanak-kanak sampai dengan perguruan tinggi, maupun melalui jalur pendidikan non formal.

Di samping itu, diperlukan penelitaian tentang lingkungan hidup yang meliputi antara lain pengembangan konsep tentang lingkungan hidup, studi keadaan lingkungan yang ada, kecendrungan perubahan lingkungan, baik secara alami maupun karena pengaruh kegiatan manusia, serta hubungan timbal balik antara kebutuhan manusia yang makin meningkat dengan lingkungan hayati dan lingkungan non hayati

Dalam mengembangkan dan melestarikan lingkungan hidup, Pemerintah dibantu oleh masyarakat, antara lain lembaga swadaya masyarakat dan yayasan-yayasann nirlaba yang tumbuh secara swadaya, atas kehendak dan keinginan sendiri, ditengah masyarakat dan berminat serta bergerak dalam lingkungan hidup.

Untuk membantu kegiatan pembangunan dan pelestarian lingkungan hidup, didirikanlah DANA MITRA LINGKUNGAN, suatu yayasan nirlaba (non profit) yang terdiri dari mereka yang berkepedulian mengenai masalah pelestarian dan pengembangan lingkungan hidup dan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama, kalangan pengusaha, untuk mempraktekkan pembangunan berkelanjutan dan membantu usaha-usaha pelestarian lingkungan hidup.

Jakarta, 27 October 1993

Dana Mitra Lingkungan 2014